Rabu, 14 Mei 2014

Kedudukan Sosiologi di antara Ilmu Lain


Sosiologi dengan Ilmu Poltik
Ilmu politik pada dasarnya mempelajari daya upaya untuk memperoleh, mempertahankan dan menggunakan kekuasaan sementara sosiologi memusatkan perhatiannya pada segi masyarakat yang bersifat umum dan berusaha mendapatkan pola-pola yang umum pula. Bagi sosiologi, soal daya upaya mendapatkan kekuasaan digambarkan sebagai salah satu bentuk persaingan, pertikaian dan konflik dalam bentuk-bentuk interaksi.

Sosiologi dan Antropologi
Menurut Koentjoroningrat, yang membedakan sosiologi dan antropologi adalah metode ilmiahnya, Ada pendapat lain menyatakan antropologi memusatkan pada masyarakat yang masih sederhana atau primitif dan sosiologi pada masyarakat modern. Walaupun objeknya sama – sama masyarakat, antropologi lebih melihat dari apa yang dihasilkan oleh masyarakat berupa kebudayaan sedang sosiologi lebih pada bentuk interaksi ataui hubungan antara individu, kelompok dalam masyarakat serta prosesnya.


SOSIOLOGI & ILMU POLITIK
Ilmu politik pada dasarnya mempelajari daya upaya untuk memperoleh, mempertahankan, dan meggunakan kekuasaan, sementara sosiologi memusatkan perhatiannya pada segi-segi masyarakat yang bersifat umum Dan berusaha mendapatkan pola-pola yang juga umum. Bagi sosiologi, soal daya upaya untuk mendapatkan kekuasaan digambarkan sebagai salah satu bentuk persaingan, pertikaian, atau konflik.
SOSIOLOGI & EKONOMI
Ekonomi mempelajari usaha-usaha manusia dalam memenuhi keinginan Dan kebutuhan materiilnya, sementara sosiologi mempelajari unsur-unsur dalam masyarakat secara keseluruhan. Contoh: ekonomi berusaha memecahkan masalah bagaimana cara menaikkan nilai rupiah terhadap dolar Amerika dengan cara menurunkan suku bunga bank.
SOSIOLOGI & ANTROPOLOGI
Antropologi, khususnya Antropologi sosial, agak sulit dibedakan dengan sosiologi. Ada pendapat yang menyatakan bahwa antropologi memusatkan perhatiannya pada masyarakat primitif atau memiliki kebudayaan yang masih sederhana, sementara sosiologi memusatkan pada masyarakat yang modern Dan kompleks. Namun, sekarang ini antropologi juga menaruh perhatian pada masyarakat modern, seperti munculnya kajian antropologi perkotaan.

0 komentar:

Poskan Komentar