Rabu, 14 Mei 2014

ASAL USUL BENDERA JOLLY ROGER



Yang pernah menonton film The Pirate of Carribean, pasti pernah menlihat bendera bergambar kepala tengkorak yang dikibarkan oleh para perompak bajak laut.
 Bendera tersebut dinamakan  Jolly Roger. Bendera perompak  Jolly Roger ini sengaja dipasang oleh para perompak dan bajak laut pada zaman dahulu untuk menebarkan teror ke para calon mangsanya di laut.
Lalu, sebenarnya bagaimana sejarah  Bendera perompak  Jolly Roger tercipta?
Bendera yang mempunyai gambar kepala tengkorak dengan sebuah tulang yang melintang di bawahnya ini , diketahui oleh para peneliti melalui sebuah catatan harian pada sebuah kapal di tahun 1600-an akhir.
Warna orisinal bendera perompak bajak lain ini adalah warna merah, bukan warna hitam. Kenapa warna asli bendera perompak bajak laut Jolly Roger ini berwarna merah? Tujuannya adalah sebagai tanda umum pada angkatan laut di abad ketujuh belas yang mempunyai makna  "Tidak Ada Ampun".
Istilah bahasa negara Perancis yaitu " Jolie Rouge " yang memiliki makna "Merah Cantik" disalahartikan menjadi "Jolly Roger" dalam bahasa Inggris.
Kata-kata "Jolly Roger" disebutkan pertama kalinya dalam karya seorang pengarang kebangsaan Inggris bernama Charles Johnson dalam judul karyanya,  "A General History of Pyrates" di tahun 1724. Menurut karya tersebut, kata- kata "Jolly Roger" dipakai untuk bendera bajak laut yang memiliki warna hitam.
Bendera yang memiliki warna hitam mempunyai arti sebagai wabah penyakit, serta tambahan berupa gambar kepala tengkorak manusia serta tulang yang saling bersilangan, yang ditambahkan oleh para perompak bajak laut, mempunyai makna sebagai suatu simbol "kematian".
Gambar bendera perompak bajak laut Jolly Roger yang paling terkenal oleh dunia adalah Bendera Blackbeard.

0 komentar:

Posting Komentar